Selasa, 09 November 2010

Tips Menghadapi Ujian Nasional

Ujian Nasional tahun ajaran 2009/2010 semakin dekat, berikut tips-tips untuK menghadapi UN :
Persiapan sebelum ujian
  1. Jika ada program tambahan pelajaran ataupun bimbingan belajar yang terkait dengan pendalaman materi UN di sekolah, ikutilah dengan baik dan penuh semangat. Jangan menganggap remeh program pendalaman materi tersebut.
  2. Latihan mengerjakan soal-soal UN 9 atau 10 tahun terakhir, khususnya materi yang sudah disesuaikan dengan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) tahun 2009/2010.
  3. Ikutilah try out UN dengan sepenuh hati baik yang diselenggarakan oleh pihak sekolah atau instansi lain.
  4. Siapkan alat-alat tulis yang berhubungan dengan UN (pensip 2B, bolpoint, karet penghapus, peraut pensil).
  5. Jangan lupa siapkan kartu peserta UN yang sudah difotokopi dulu. Kartu asli dibawa sedangkan fotokopinya disimpan di rumah (untuk darurat jika kartu hilang).
  6. Jangan terlalu malam belajar karena hanya akan mengganggu proses berpikir ketika ujian sedang berlangsung, istirahat yang cukup
  7. Bacalah ringkasan pelajaran yang akan diujikan.
  8. Beribadahlah untuk keberkahan dalam mengerjakan UN.
  9. Saat berangkat untuk UN, mulailah hari itu dengan penuh optimis
  10. Saat berangkat cium tangan orang tua dan mohon doa restu.
  11. Sesampai di sekolah jangan terpengaruh oleh pembicaraan teman-teman yang pesimis. Karena seorang pesimis selalu melihat kesulitan dalam setiap kesempatan.
  12. Kerjakanlah soal-soal yang mudah terlebih dulu, dan jangan panik ketika mendapati soal pada halaman pertama tidak ada yang bisa dikerjakan karena sulitnya. Mungkin di halaman lain ada yang lebih mudah.
  13. Ingat untuk pelajaran Matematika lama ujian adalah 120 menit untuk 40 soal. Berarti setiap soal ‘jatahnya’ hanya 3 menit. Semuanya mulai dari membaca, mengerjakan dan mengisi Lembar Jawaban Komputer (LJK).
  14. Jika ada soal yang belum bisa dijawab sebaiknya ditandai untuk dikerjakan kemudian.
  15. Ikuti prosedur UN dengan sebenar-benarnya. Hindari bertindak curang karena akan sia-sia belaka.
  16. Setelah selesai yakinlah agar semua jawaban sudah dipindahkan ke LJK. Disarankan semua soal diisi jawabannya, karena dalam UN tidak ada sistem minus untuk jawaban yang salah.
  17. Setelah keluar dari ruang ujian, jangan sekali-kali membahas soal yang tadi dikerjakan. Karena belum tentu teman yang membahas soal menjawab dengan benar.
  18. Sesudah selesai semua ujian, kita kembalikan seluruh urusan kepada Tuhan Yang Maha Esa
Selamat belajar menghadapi Ujian Nasional, Semoga Sukses

Tidak ada komentar:

Posting Komentar